Ratusan Pelajar Madrasah Tsanawiyah -SMK Hikmatul Iman Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Perkasanusantaranews.com – Serang – Semarak Maulid Nabi Muhammad SAW bertepatan pada Tahun 1446 Hijriah atau 2024 Masehi, terasa meriah.

Acara yang sama juga diadakan diberbagai daerah di Indonesia, terutama dunia Islam.

Maka, dengan spirit momentum itu Pelajar Madrasah Tsanawiyah dan SMK Hikmatul Iman menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Adapun domisili lembaga pendidikan tersebut di Kampung Panenjoan, Desa Majasari, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Selasa (17/9/2024).

Sementara itu, kegiatan Maulid Nabi SAW tersebut menempati lokasi Pendopo Mesjid Masyarakat setempat, yang berdekatan dengan Pondok Pesantren Salafi Hikmatul Iman, di wilayah yang sama.

Sebelum acara maulid Nabi Muhammad SAW dimulai, terlebih dahulu seluruh siswa dan para Dewan Guru melaksanakan pawai berkeliling ke beberapa kampung terdekat, sekitar Komplek YPI Hikmatul Iman.

Berkenan hadir pada Acara tersebut Kepala Sekolah SMK, Ade Purnawan, S.Pd., Kepala Madrasah Tsanawiyah diwakili Waka Kesiswaan, M. Nur, S.Pd.I. Para Dewan Guru kedua Lembaga dan Ustadz M.Unus sebagai perwakilan dari Ketua Yayasan Ponpes Hikmatul Iman.

Acara dimulai Pukul 08.30 Wib diawali dengan pembacaan tawashul dan doa bersama, pembacaan Shalawat Nabi yang diiringi oleh team Hadrah Santri Ponpes Hikmatul Iman secara berjamaah. Dilanjutkan dengan pertunjukan pentas drama atau teater yang mengisahkan dan mengilustrasikan saat – saat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Kemudian dilanjutkan penampilan fashion show atau peragaan busana muslim. Dalam hal ini diperagakan oleh para siswa siswi yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Saat awak media mengadakan Wawancara Via WhatsAp dengan Siti Julaeha, SM., selaku koordinator acara sekaligus sebagai Pembina OSIS di kedua Lembaga tersebut, dikatakannya bahwa apa tujuan acara ini diadakan, dia menjelaskan: bahwa acara bertujuan meningkatkan ukhuwah Islamiyah, melalui kreativitas berupa drama, yakni menumbuhkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW dan Keluarganya.

“Dengan metode belajar sejarah kelahiran nabi dan tentunya mengharapkan syafaatnya di Yaumil Kiamah,” ungkap Siti Julaeha, SM.

Ditambahkannya, kegiatan ini untuk memotivasi dan membudayakan kearifan lokal oleh peserta didik di bidang Seni, seperti drama atau pentas teater.”

Hal yang sama diungkapkan oleh Ade Purnawan, S.Pd. selaku Kepala SMK Hikmatul Iman, kepada awak media.

“Harapan saya kedepan, berbagai kegiatan agar lebih ditingkatkan lagi. Termasuk kegiatan keagamaan seperti yang saat ini dilaksanakan, karena akan membawa dampak positif dan mengharumkan nama baik almamater maupun lembaga itu sendiri ” jelas Ade.

Secara umum acara cukup meriah, sesuai dengan harapan dan selesai saat jarum jam menunjukkan Pukul 12.10 Wib.

Reporter: M. Noer
Foto: M. Noer

editor: Redaksi

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours