Kotori Aliran Sungai, Warga Panyabrangan Keluhkan Eceng Gondok.

SERANG,PERKASA NUSANTARA.COM || Warga Panyabrangan keluhkan Eceng Gondok menutupi Kalimati di sepanjang pinggiran sungai Ciujung, Panyabrangan berbatasan dekat dengan kecamatan Pamarayan tetapi masuk ke kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang Banten. Hal ini tentu merusak lingkungan dan ekosistem alam. Sejak dialihkanya aliran kali Ciujung ke jembatan baru. Aliran sungai bendung lama menjadi Kalimati. Keluhan warga Panyabrangan tentunya karena kondisi sungai yang kian kotor dan perlu penanganan serius dari stekholder terkait, sehingga keberadaan kali mati dapat berfungsi untuk kepentingan warga masyarakat disekitar bantaran sungai Ciujung dan sekitarnya.

Berkenaan hal tersebut awak media berkesempatan melihat langsung dan menggunakan kesempatan untuk wawancara dengan beberapa orang warga yang sedang bekerja membersihkan ilalang dan tumbuhan Eceng Gondok disekitar lokasi Kalimati tersebut.

Menurut penuturan warga Panyabrangan Rudy dan Roni saat dikonfirmasi pihak media ” Kami warga Panyabrangan yang peduli bersih Kalimati Ciujung, bekerja keras secara mandiri dengan biaya sendiri, oleh karenanya kami berharap dinas terkait ikut membantu mengatasi persoalan kebersihan disekitar bantaran Kalimati Ciujung ini pak “.

Roni juga ikut menjelaskan , ” Keberadaan Kalimati ini bukan sekedar kebutuhan masyarakat Panyabrangan saja, akan tetapi juga berfungsi buat kegiatan kegiatan pemerintah setempat, tolonglah kepada pemerintah terkait mulai dari desa, camat dan dinas tatakelola pengairannya untuk bersama – sama membantu mengatasi persoalan kebersihan Kalimati ini ” pungkasnya.

Saat awak media bergerak dilokasi (10/9/23) menemukan alat derek yang digunakan untuk menarik Sampah atau Eceng gondok di Kalimati Ciujung,tapi hebatnya alat derek tersebut hasil dari inisiasi warga sendiri biaya sendiri bukan bantuan dari pemerintahan setempat.

Warga Panyabrangan melakukan kegiatan kerja dilokasi ini sudah berlangsung lama dan dimulainya sejak lima bulan kebelakang. Air yang jernih, bersih sangat dibutuhkan setiap orang.

Red: 003

Reporter : Sukardi & M.Noer.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours