Demi Terciptanya Keamanan; Pemerintah Desa Seuat Jaya Tingkatkan Kapasitas Linmas

PERKASANUSANTARA.COM-SERANG -Untuk meningkatkan Kapasitas Anggota Linmas, Pemerintah Desa Seuat Jaya, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, mengadakan pelatihan, yang bertempat di aula dan halaman Desa Seuat Jaya pada kamis 31/08/2023.

Sebanyak 17 anggota linmas yang mengikuti kegiatan tersebut dengan sukarela dan siap mengabdikan dirinya kemasyarakat, dari ke 17 anggota linmas tersebut adalah perwakilan dari setiap RT yang ada di Desa Seuat Jaya.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

“Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya, dalam penanggulangan bencana seperti yang dialami di daerah kita saat ini yaitu kekurangan air yang dikarenkan kemarau yang panjang, juga harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat”, Kata Aipda Heri Susanto SE selaku kanit binmas Polsek Petir dan juga sekaligus narasumber dalam kegiatan tersebut.

“Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat, seperti Ormas, guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Desa”, tambahnya.

Sementra itu A Saefulloh SE selaku Kepala Desa Seuat Jaya mengatakan bahwa tujuanya mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat dan indikator suksesnya pelatihan linmas adalah

“Mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah tengah masyarakat, dan indikator suksesnya pelatihan ini yaitu, meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas,meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya Kesiap-siagaan linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat”,ucap Safulloh.

Narasumber lain yang ikut memberikan materi adalah Bripka Sahat Erikson Bhabinkamtibmas Desa Seuat Jaya, Sertu Sundoro Bhabinsa Desa Seuat Jaya, Sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan latihan Baris Berbaris yang gelar di halaman desa Seuat Jaya dengan di pandu dari Polsek Petir dan Koramil 08/Petir

Reforter ; Wahyu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours